02
Jun
08

Kebobrokan FPI

Waduh waduh…. gw semakin yakin bahwa yang dibubarin jangan cuman Ahmadiyah aja, tapi juga FPI. Sekaligus KLI aja tuh (gw ga tau itu organisasi ato cuman paguyuban)… Sejak dua tahun yang lalu, gw ngeliat betapa kasarnya FPI di bulan Ramadhan, sampe main pukul segala ke orang yang ga puasa. Waktu itu di TV ada beritanya, di kota mana gw lupa, massa FPI melakukan sweeping di bulan puasa, memeriksa apakah semua muslim berpuasa. Nyatanya, itu dilakukan dengan kasar, bukannya dengan baik2!! Gw masih inget tuh, sampe ada yang dikejar-kejar, dipukulin ama kayu… meskipun mereka muslim preman, tapi ya mereka juga manusia kan? Kalo digituin, namanya manusia, bukannya malah patuh, malah memberontak!! Masih untung para preman yang digebukin itu ga ngebales, karena mungkin mereka sungkan dan takut, yang nyerang mereka FPI. Ada lagi, gw inget juga pas pembukaan kantor majalah PlayBoy Indonesia di Jakarta, massa FPI juga langsung nyerbu, ngerusak kantor majalah itu. Mereka bilang majalah itu merusak bangsa, penuh pornografi. Kalo bener kayak gitu, KENAPA KANTOR REDAKSI MAJALAH FHM, MAXIM, AMA POPULAR GA DIHANCURIN JUGA!!!!!! Majalah2 ini kan juga PORNO!!!! Ya elah…………. ada di mana pikiran anggota2 FPI itu? kenapa cuman satu majalah aja yang dihancurin?? Heran gw…. Seandainya mereka juga nyerbu kantor majalah porno lainnya, gw ga bakalan memprotes mereka. Aneh kan? majalah porno dalam negeri aja banyak, kenapa yang diserbu cuman Playboy doang???

Belum selesai kebobrokan FPI, ada lagi mengenai penjualan minuman keras. Gw dulu pernah ngeliat di TV, massa yang mengaku dari FPI, langsung semena-mena ngancurin sebuah toko, yang menjual minuman keras. Tanpa menanyai dulu, jualan dengan izin ato nggak, mereka langsung memaksa masuk ke dalam, langsung diambil, dibawa ke luar, dihancurin. Gw sih setuju lah kalo minuman keras gitu dihancurin. Tapi, kalo mereka punya izin berjualan ya ga bisa dong. Mentang2 yang jualan itu orang etnis Cina, massa FPI ngerasa bisa seenaknya. Emang sih, yang gw liat yang punya toko itu orang Cina, ibu2 udah lumayan tua, ama anaknya. Setelah gw liat, ya elah….makanya mereka berani, mereka pikir karena pemiliknya orang Cina, udah tua, ga berdaya…

Yang paling baru, gw risih ngeliat aksi FPI dan massa yang menyebut diri sebagai Komando Laskar Islam, kemarin Minggu. Gw liat berita di TV, mereka ngejar2 massa AKKBB, yang kebanyakan ibu2 dan anak2, sampe dipukulin, ditendangin… Masya Allah… inikah Islam yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW? Mana Islam yang penuh dengan kelembutan, yang penuh dengan kasih sayang? Dulu aja rakyat Mesir menyambut baik kedatangan bangsa Muslim karena mereka tahu bahwa Islam itu membawa kedamaian, tidak seperti tentara romawi yang menduduki Mesir sebelumnya yang kejam. Sekarang di mana kedamaian Islam yang dulu seperti zamannya khalifah?

Kalo mereka kesel dengan AKKBB yang dianggap mendukung Ahmadiyah, kenapa gak diajak duduk di suatu ruangan, mari berdebat. Gitu kan lebih enak, dari pada langsung main sikat aja, kayak perang beneran…. Berdebat kan lebih baik, ajak bicara yang enak, cari jalan keluar yang sama2 menguntungkan bagi semua pihak… jangan main tuduh dan main serang aja…

Gw liat di TV, sampe ada ibu2 ama anak2 yang kena pukul! Sampe2, ada laki2 yang ngelindungin mereka, juga ikut dipukulin, sampe dirawat di rumah sakit! Hidungnya patah, badannya memar2… Coba..ini gak gila nih? KERASUKAN APA SIH MEREKA?? Kyai juga sampe dipukulin!!! Coba, di mana sih rasa hormat mereka ama Kyai?? Astaghfirullah…. Kyai aja dipukulin, makanya sampe orang biasa termasuk ibu2 dan anak2 juga dipukul…. Kerasukan apa yah?

Heh…liat aja, sekarang FPI maupun KLI ga mendapat dukungan selain dari golongan mereka sendiri. Liat aja di TV, di internet, semua Ormas dan tokoh2 masyarakat pada mengecam FPI. Sultan Hamengkubuwono X pun sampe mengecam keras kelakuan FPI itu. Bahkan banyakyang  malah meminta pemerintah membubarkan FPI… WAKAKAKKAKKAKA….. Hehehe….liat aja kalian, FPI, tahu rasa kalian, mau minta dukungan ama siapa lagi, Heh? Setelah kejadian kemarin, kalian telah membuka mata dan hati penduduk Indonesia, bahwa kalian bukanlah Front Pembela Islam, tapi FRONT PENGHANCUR ISLAM!!! KLI juga, bukan Komando Laskar Islam, tapi KOMANDO LIAR ISLAM!!! Gw yang seorang muslim kecewa ama kalian! Ini menurut gw bukan ajaran Baginda Nabi Muhammad SAW!!! Masya Allah….Beliau pasti kecewa dan sedih kalo misalnya beliau masih hidup….Mau minta dukungan ama siapa lagi? Allah ga suka jalan kekerasan, jadi menurut gw kalian mending jangan ngaku hamba Allah deh…

Ya Allah, bukakanlah pintu hati orang2 itu, semoga mereka tersadar, bahwa kekerasan bukanlah jalan keluar… Amin..

About these ads

24 Responses to “Kebobrokan FPI”


  1. 2 June 2008 at 19:40

    Kepada YTH,
    DETASEMEN 88 ANTI TERORIS
    Di Tempat

    Saya melaporkan bahwa ada suatu gerakan teroris yang sangat membahayakan jiwa masyarakat umum dan keamanan secara umum.
    Kelompok teroris tersebut bernama FPI atau disingkat dengan FRONT PEMBELA ISLAM, adalah suatu kelompok teroris yang setiap saat bisa membunuh siapa saja.
    Mohon segera diproses secara hukum, kelompok teroris tersebut segera dibubarkan, serta para anggota yang diidentifikasi ikut di dalamnya untuk segera dilakukan penangkapan dengan segera.

    Indonesia, 2 Juni 2008.

  2. 2 Jalidu
    3 June 2008 at 12:34

    Hai Rzieq !
    INDONESIA bukan milik embahmu ! dasar tolol

  3. 3 asopusitemus
    3 June 2008 at 18:21

    Tuh kan, liat aja, ga ada lagi dukungan dari rakyat Indonesia buat FPI…

    Sampe malem ini, kata berita di TV FPI cabang Jember dan Surabaya udah dibubarkan secara paksa oleh massa yang muak dengan FPI.

    Salah mereka sendiri, sampe2 ngata-ngatain Gus Dur. Lha wong udah tau pendukung Gus Dur banyak, kok masih berani2nya ngata-ngatain beliau?

    Mulai dari PKB sampe perkumpulan2 dan gerakan mahasiswa Islam udah keberatan dengan keberadaan FPI…. so? apa yang akan dilakukan FPI?

  4. 4 June 2008 at 01:28

    kelihatannya mereka dibayar deh sop, makanya q jadi inget kasus saat mereka ngerusak patungnya inul sebelom mereka tahu bentuknya, kliatannya fpi mank cuman robot yang disewa tanpa mereka berpikir tentang ajaran agama Islam, jadi mereka punya iman tapi gak punya hikmat gitu deh

    • 5 nus
      19 November 2009 at 11:14

      lihat lebih teliti dulu, pelajari gerakan dan pemikiran mereka dengan betul-betul bijak, hilangkan sikap apriori agar bisa melihat lebih jernih. jangan main asal tuduh kalau tidak data apalagi kalau tidak punya bukti yang kuat…

  5. 6 asopusitemus
    4 June 2008 at 03:19

    Hahaha…..

    Mungkin aja itu, tapi aku sih ga berani nuduh sampe seperti itu…

    Ga ada yang tahu apa mau dan maksud mereka….

    Yang aku tahu, kalo mereka dibiarin, bisa2 negara ini jadi medan perang macem Afghanistan, bedanya di sana ada Taliban, di sini ada FPI…….serem…

    • 7 nus
      19 November 2009 at 11:17

      bener-bener hebat penggiringan media, mas kalau lihat media massa tuh jangan ditelen bulat-bulat, kunyah dulu biar tahu agenda dibelakanganya.
      syariat islam itu bukan berarti kekerasan, yah.. mas kaji lagi deh tentang ajaran Islam.. mang FPI hebat dalam nahi mungkar, tapi amar ma’rufnya yang ahrus diperbaiki

  6. 8 zzzZZzzz
    5 June 2008 at 00:15

    Hmmm…. setubuh…eh, setuju!

    emang gw juga setuju Ahmadiyah dibubarin, karena jelas2 mereka melanggar ajaran Islam. Tapi gw juga ga setuju ama sikap FPI. Gw liat di TV, waduh gila, keras banget mereka. Masa’ ibu2 ama anak2 dipukulin juga!! Trus ada yang pengen ngelindungin mereka, cowok, malah dipukulin lebih keras (kayaknya)!!

    Gila…. ini gila…. mungkin bener kata Nindy, mereka dibayar. Sama juga pas waktu isu majalah PlayBoy yg kamu bilang itu SOp, mungkin juga mereka dihasut ama majalah porno saingan. Buktinya, sekarang majalah porno lain masih banyak beredar (gw ga baca loh…).

  7. 8 June 2008 at 05:14

    loh…kliatan banged la mreka itu cuman preman yang cuman bisa tereak allah akbar. orang punya gawe ogahlah kliling mentungin orang laen. so mreka hidup dari apa?

    yang ga habis pikri masi banyak aja orang yang dukung fpi. alasannya karena hanya mrekalah yang berani menegakkan syariat islam. so what? emang islam semakin baik stlah ada fpi?

  8. 8 June 2008 at 09:09

    Ampun dah. Yg jlz,smw akan ada balasannya masing. Manusia memang ahlinya brbuat krusakan,dan mumpung ini gjala akut sgera dtindak lnjuti. Lbh parah lg kalo kronis dmn proses brjalan lambat tau2 infiltrat radang sdh bnyk. Loh,loh,ngomong apa aku…Hehehe!

  9. 8 June 2008 at 14:22

    Ya ya ya….

    Yang penting ketegasan pihak berwenang kita yang diperlukan sekarang.

    Media massa juga sekarang sedang memihak ke AKKBB dan Ahmadiyah. Semustinya media massa juga memperlihatkan seluk beluk AKKBB, apa aja kegiatannya selama ini, siapa aja anggotanya, dan siapa pendukung massa ini. Perlihatkan juga kesalahan2 mereka sebelum insiden monas terjadi, yang kata polisi mereka menyalahi rute awal kampanye.

    Kenyataanya? sekarang berita2 malah penuh dengan FPI, penuh dengan berita2 tentang kekerasan2 dan sepak terjang FPI mulai awal sampe insiden monas. Udah enek rasanya ngelihat kekerasan terus di FPI. Media massa juga sepertinya sudah teralihkan perhatiannya dari masalah2 besar lain seperti demo menentang kenaikan BBM.

    Yah…..semustinya media massa berpihak adil dalam masalah FPI ini, karena insiden monas tsb terjadi bukan hanya kesalahan FPI, tapi juga AKKBB. Mustinya AHmadiyah juga menayangkan seluk beluk Ahmadiyah, biar semua rakyat Indonesia tahu mengenai “kesesatan” aliran ini. So, media massa juga punya bagian untuk menenangkan rakyat yang saat ini sedang panas.

  10. 12 aryodiponegoro
    9 June 2008 at 03:04

    Kalau saya,
    1. Pelaku anarkis dari organisasi manapun WAJIB DIADILI!
    2. FPI begitu juga Ahmadiyah tidak serta merta dapat dibubarkan karena walaubagaimanapun mereka mempunyai dasar hukum. Kalau asal bubar membubarkan, kita set back ke zaman ORBA. Gak lagi2 deh.
    3. Islam, juga mengajarkan kekerasan, tapi kekerasan yang bagaimana? Kekerasan untuk mempertahankan diri. Ini masalah kilafiyah. Perlu pembahasan panjang. Tapi setahu saya, jika diusik, diganggu, bolehlah sebagai umat islam, kita wajib JIHAD. Nah JIHAD ini juga perlu diperdalam lagi. Tidak semudah membalikkan tangan.
    4. Saya tidak dalam posisi bisa membenarkan atau menyalahkan FPI, saya juga gak mau ribut2 tentang FPI, Ahmadiyah, NU, AKKBB. Knapa? Pertama, Biarkan pemerintah bekerja. (Sekali-kali percaya sama pemerintah lah). Kedua, Umat agama lain melihat Islam bertengkar hebat begini, pasti akan tepuk tangan dan bergembira. Lihatlah di beberapa tayangan televisi, koran dll, bagaimana umat lain memberi sembako dan bantuan lainnya. Saya lebih prihatin dengan hal ini.
    5. Melihat Indonesia sebagai umat islam terbesar di dunia, menjadi pertanyaan kenapa Timur Tengah tidak menanamkan banyak petrodollarnya ke Indonesia ketimbang ke Malaysia??? Pertanyaan ini lebih penting dijawab dari pada ribut2 masalah FPI. Capek deh…

  11. 9 June 2008 at 21:07

    @Aryodiponegoro:

    #1. Emang bener itu, semua pelaku tindak anarkis jelas perlu diadili. Yang memancing pun juga harusnya ditindak.

    #2. Emang sebenernya bukan “dibubarkan”, tapi “dibekukan” kegiatannya. Barusan semalem udah resmi ada SKB 3 menteri, yg isinya soal penghentian kegiatan Ahmadiyah. Yang saya denger dari berita di TV, kata menteri AGama kita, Maftuh Basyuni, kalo Ahmadiyah masih mau dibilang sebagai orang Islam, mereka harus meninggalkan pengakuan mereka bahwa ada nabi lagi setelah Nabi Muhammad SAW.

    Ada lagi, kalo mereka masih melanggar SKB ini, maka baru mereka “dibekukan”. Ini yang saya lihat di berita TV.

    #3. Memang, tapi apakah kekerasan yang kemarin dilakukan FPI dan KLI di monas bisa disebut jihad? Jihad tidak selalu harus dengan kekerasan, Anda tahu kan? Saya juga sangat ingin ajaran Ahmadiyah itu “diluruskan”, karena itu jelas2 salah dengan ajaran Islam selama ini. Kalo masalah AKKBB yang bilang bahwa FPI itu “laskar setan” dan “kafir”, saya ga tau yg mana yg bener. Apakah itu benar AKKBB bilang begit ato cuman alasan FPI doang.

    #4. Hahahaha…..emang bener, sekali-kali percaya ama pemerintah. Tapi, sesuai dengan pengalaman, pemerintah kita ini lambat banget kerjanya. Baru berreaksi setelah ada kecaman dan demo dari rakyat. Untuk yang kedua, emang semustinya umat Islam jangan mudah teradu domba. Udah banyak tokoh2 masyarakat yang bilang, kita jangan teradu domba, karena bisa aja ini merupakan skenario yg udah diatur oleh musuh2 Islam. Anda benar.

    #5. Wah, kalo yang ini saya no komen deh…. Mungkin karena udah jelas Indonesia adalah negara korup yang luar biasa korup. Mungkin karena itulah arab jadi males investasi di sini….

    Makasih banyak atas komen Anda.

  12. 14 tymask
    14 June 2008 at 13:57

    saya pun muak sekali melihat tingkah FPI
    apalagi katanya mengapa pemerintah tidak berani turun tangan, karena ada instansi pemerintah yang mensuport FPi ini…. gila…

    mau jadi apa indonesia>???
    katanya ada komandan tni yang main di dalam,,,

    kita tunggu saja presiden apa yang bisa menegakkan ini smua

  13. 15 ardiimawan
    14 June 2008 at 15:56

    Sabar Pak….

    Jangan terbawa panas…

  14. 14 June 2008 at 23:24

    @ Ardi
    Gak kok, saya gak kebawa panas kok… di sini dingin… :D

    @tymask
    Itulah gosip yg beredar, mas…..

    Yah, kita tunggu aja gimana jadinya itu…

  15. 17 gilang mahardika
    16 March 2009 at 17:22

    kwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwk…
    jiahahahhahahahahahahaha…
    hahahahahahahahah…
    auwhuahwuhauwhuahwuahuwhauwa…

    sumpahh gag berenti ketawa nih gw….
    dah keak orang gila gw liat nih koment..
    jiahahhaha…
    “Hai Rzieq !
    INDONESIA bukan milik embahmu ! dasar tolol..”

    ngena sampe dalem dah tu kayaknya(wew, temen gw langsung ngecek ke kamar gw dikira ngelindur kali yha gw, jiahaha)…

  16. 17 March 2009 at 10:15

    Hahaha… sampe segitunya, Lang? :D

  17. 19 gilang mahardika
    17 March 2009 at 14:50

    iya,, soalnya jam berapa tuhh aku kasih komentnya..(klo gag salah jam 4 pagi n temen2 ku lagi pada tarohan PES (pro evolution soccer) gara2 bete MU di cengin truz))…

    mungkin itu sama yang pingin aku katakan ke si riziq kalo nih negeri bukan pake hukumnya.. hehe..
    paling kesal kalo ada orang yang merasa dirinya hebat dalam agama,, dan mempunyai pikiran kalo Tuhan juga sudah pasti sepikiran dengan dia,, dan apa yang disukai orang itu juga sudah pasti disukai oleh Tuhan..

  18. 18 March 2009 at 08:34

    Wow… ngapain pula kau jam segitu masih bangun?
    *dg logat batak kental sekental susu kental manis*

  19. 21 gilang mahardika
    18 March 2009 at 20:14

    aku masih belajar lae.. haha..
    lagi suka baca buku n buka2 blog nih sopp.. nih aja dah jam stgh 4 lom tidur2 juga.. padaal besog kuliah pagi.. hehe…

    (siall,, baru tau yang namanya buku thu jendela dunia)..

  20. 18 March 2009 at 23:43

    Heeee… hidup di jaman apa lo baru tahu buku adalah jendela dunia? :D Hwkwkwkwkwkwkwkw! :D

  21. 16 May 2010 at 19:48

    setuju sama TS.
    maju terus gan ;)

  22. 24 anonim
    25 May 2012 at 07:17

    Maap komentar dihapus oleh pemilik blog. Komentarnya terlalu vulgar…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^
mac.web.id

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 837 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |
Love Tree

Subscribe in Bloglines

Powered by FeedBurner

Indonesian Muslim Blogger

I’m a Liverpudlian!



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 837 other followers

%d bloggers like this: