Archive for May, 2009

14
May
09

Temanku Lucu Sekali

Pengalaman yang mungkin sulit terjadi… :mrgreen:

Jadi, saya dengan dua orang teman saya lagi nongkrong di kampus, saya lagi kumpul bareng mereka, cuman nemenin mereka nunggu kuliah (bukan saya yang kuliah). Waktu itu mendung banget, langit gelap. Orang-orang pun tahu kalo itu udah mau hujan. Waktu itu sekitar jam 1 siang, gak lama lagi waktunya masuk kuliah. Kira-kira 20 menit lagi masuk.

Satu teman saya yang dari Semarang ini , si X, orangnya gampang panik. Tahu-tahu dia inget bahwa dia gak bawa payung. Dia paksain pulang ke kosannya, di daerah Plesiran. Buat yang gak tahu, daerah itu deket banget ama kampus. Di sana banyak banget kos-kosan, yang pastinya banyak anak ITB juga. Anak2 biasa jalan kalo kuliah.

Akhirnya, dia sendiri pergi juga pulang ke kosannya. Rencananya, dia pulang mau ambil payung doang, habis itu langsung ke kampus lagi ikut kuliah. Kenapa dia paksakan? Karena dia baru pulang nanti sekitar Maghrib. Dia gak mau repot kalo nanti sore hujan.

Lima menit setelah keberangkatannya pun berlalu….

Tahu-tahu hujan turun…. Deras!! Banget!!!

Sepuluh menit kemudian, si X nge-SMS teman saya, bilang: “aku ga bisa ke kampus, payungku masih dibawa temen kosan. Kosan sepi, ga ada siapa2. Terjebak nih…

Dasar…. Temanku lucu sekali…. :D

09
May
09

Memajang Award (lagi)

Tugas menumpuk, so, singkat aja..

Dapet award dari konohanasakuya….

Tapi saya bingung, kok ga ada peraturannya? Apa udah dipangkas? Tauk ah…

Ngasih ke berapa orang yah?? ga jelas juga.. >.<

Selanjutnya:

1. Big Zaman

2. Andyan

3. Mbak Desti

4. Deady

5. Kuchiki Rukia

6. Grace

7. Sukma

8. Arm

9. Deeedeee

08
May
09

Bahasa Indonesia asli Atau Serapan? #2

Wow, saya senang sekali waktu membaca koran KOMPAS edisi hari ini, Jumat (8/5). Di halaman 15, ada artikel mengenai tata bahasa oleh Kurnia JR. Beliau menulis mengenai kata “Syok“. Tentu kata ini diambil dari kata bahasa Inggris, Shock. Seberapa mendesak sih, kata rekaan syok harus ada? Di artikel itu dijelaskan bahwa kata ini diambil dari to be shocked, dipakai secara sporadis untuk menerangkan keadaan jiwa terpukul ato terguncang.

Beliau menjelaskan bahwa di antara mereka yang suka menggunakan kata ini, tidak semua mengerti dan memahami bahwa yang dipakai bukanlah kata dasarnya, melainkan bentuk pasif dari kata kerja shock, yaitu to be shocked. Di artikel ini ada contoh kalimat yang menggunakan kata shock, dan ada yang menggunakan kata shocked. Well, saya pikir kedua kata itu gak ada yang bener. Selain aneh dilihat dan dibaca, setelah melihat penjelasan Kurnia JR ini, masuk akal juga. :D

Dalam artikel dijelaskan, shock bermakna kejutan/guncangan (kata benda) dan mengejutkan/terkejut (kata kerja). Nah, bahasa kita, bahasa Indonesia punya padanan untuk kata itu, yang mengena, pas, dan jitu untuk menerangkan kondisi ini, yaitu “terguncang” dan “terpukul”. Seperti contohnya yang ada di dalam artikel: “Caleg itu terguncang setelah tahu tidak terpilih dalam pemilu”.

Kurnia JR menulis bahwa kata “terguncang” dan “terpukul” ini sangat kuat maknanya yang mengarah pada aspek kejiwaan yang tingkatnya lebih dari sekedar kaget, terkejut, terperanjat, dan terpana. Bener juga kata beliau, sayang banget kalo dua kata itu diabaikan dengan mereka-reka kata baru semacam syok. Kata beliau, kata ini tidak memperkaya khazanah leksikon (kosakata) bahawa Indonesia. Kata beliau juga, kita tidak membutuhkan kata pinjaman shock/shocked sampe harus mereka-reka kata syok.

Saya bener2 setuju ama beliau ini, bertambah deh wawasan saya tentang bahasa Indonesia… ^^

Tuh kan, jadi tidak semua kata yang diambil dari bahasa asing itu berguna…. :mrgreen:

*perihal mengenai mangrove dan bakau pernah dibahas gak yah?*

08
May
09

Mitos: Kuliah Itu Lebih Nyantai Dari Pada SMA

Duh…

Sungguh semakin berat kuliah saya ini…. :(

Saya hanya mau tekankan di sini, untuk anak2 SMA, bahwa setelah kalian lulus SMA nanti, kalian akan memasuki suatu tahap yang “mengerikan” dan “tidak akan bisa santai”. Bohong kalo orang bilang bahwa kuliah itu banyak waktu kosongnya, dan kuliah itu lebih nyantai.  Jangan percaya. Oke, ada benernya kalo kuliah itu banyak waktu kosongnya. TAPI, itu hanya selang waktu jadwal kuliahnya. Jadwal kuliah itu emang fleksibel, semau dosen (dengan persetujuan mahasiswa tentunya). Apa yang tertera di awal kuliah, pengumuman bahwa kuliah ini waktunya jam segini hari ini, itu bisa berubah sewaktu-waktu. Kadang ada satu hari yang jadwalnya full, hari lain bener2 kosong alias libur. Nah, yang membuat mahasiswa menjadi “tidak santai” dan sibuk itu adalah tugasnya yang banyak banget! Bersyukur banget kalo yang dapet dosen baik, udah tugas cuman dikit, waktu pengumpulan juga bisa sedikit diundur. Hmmm…. Tapi jarang deh ada dosen kayak gitu di ITBTekanannya besar lho, tekanan oleh deadline tugas, yang biasanya di akhir semester, ditambah tekanan dari adanya UAS dan UTS. Belom kalo dosennya suka ngadain quiz setiap kali pertemuan…. Waktu kosong antar jadwal kuliah itu pasti dipakai untuk ngerjain tugas. Apalagi kalo kita ikutan unit kegiatan mahasiswa (semacam ekskul), bakalan kepake semua tuh waktu kosong. Tapi unit kegiatan mahasiswa itu asik kok, justru itu ajang untuk membebaskan penat kuliah… :mrgreen:

Ada yang ngomong bahwa kuliah itu nyantai. Ini juga saya tekankan bahwa ini tidak benar. Justru aneh kalo kuliah itu ga repot, karena “kerepotan”nya itu adalah salah satu nikmatnya kuliah:D Kalo udah baca paragraf yang di atas, pasti ga bakalan lagi mikir kalo kuliah itu santai. Santai itu cuman berlaku untuk di awal semester, di mana ujian, tugas, dan quiz masih jarang. Kalo udah habisnya UTS, itu udah jangan harap lagi minta “ketenangan”. Tugas pastinya udah menumpuk untuk dikerjakan dan dikumpul di akhir semester.

Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya bagi yang masih SMA. Masa2 SMA itu emang paling menyenangkan. Kecuali kalian pengen lulus kuliah muda, saya gak menyarankan ikutan kelas akselerasi. :D

Bagi yang masih semester awal, antara semester 1 – 4, nikmati juga waktu2 kosong nan indah. Kalo udah di atas semester itu bakalan susah punya waktu kosong. Boro2 waktu kosong, waktu untuk ngerjain tugas aja udah kurang…. Harus pinter2 ngatur waktu.

So, kalo punya waktu kosong dan merasa nyantai, manfaatkanlah sebaik mungkin buat istirahat, istirahat otak dan badan. Jangan sampe menyesal karena kita ga sampet istirahat, jangan sampe menyesal kenapa kok tugas ini gak dikerjakan dari kemaren, dan jangan menyesal yang macem2.

Kesimpulannya:

1. Kuliah itu banyak waktu kosong pas awal semester aja, pas belom banyak tugas dan ujian.

2. Kuliah itu nyantai pas awal semester aja, kalo udah pertengahn dan akhir, ga bisa nyantai lagi. Apalagi yang udah semester atas, dapet tekanan untuk Kerja Praktek (KP) dan Tugas Akhir (TA)

3. Walau bagaimanapun, kuliah tetep harus dinikmati, kuliah dengan segudang kegiatan2 sampingannya amat berharga buat pengalaman hidup dan buat kerja nanti.

4. Belajar mengatur waktu, antara ngerjain tugas, untuk kegiatan luar kuliah, dan untuk bersantai.




Si Empunya Blog

Siapa saya? Monggo lihat halaman "Tentang Saia..." di atas. Tinggal klik! Mau meninggalkan jejak? Monggo klik halaman "Tinggalkan jejak..." di atas. Jangan lupa, nikmatilah hidup ini. ^_^
mac.web.id

Hubungi saya di jejaring sosial

Kadang-kadang di blog ini saya menggunakan emoticon Parampaa. Silakan datang ke blog Bang Ova di sini. Dapatkan emoticon-nya di sini. HAJAR!!

Masukkan e-mail Anda di sini kalo mau dapet pemberitahuan postingan baru saya via e-mail

Join 837 other followers

Powered by FeedBurner

Saya sedang membaca ini


Tulisan Saya Berdasarkan Bulan

Arsip Tulisan

Ups, maap, kalau mau melihat arsip semua tulisan saya, lihat halaman di atas ya, yang "Arsip Tulisan" itu lho....

TIPS!

Kalo tulisan di blog saia ini terlalu kecil, monggo diperbesar. Untuk pengguna windows, tahan [Ctrl] sambil di-scroll mouse tengah. Untuk pengguna Mac, tahan [Cmd] dan tekan [+] atau [-].

Ga nyambung sih ini, bukan promosi, tapi kalo mau browser Safari, donlot di sini.

Blogroll: By Name


Abed Saragih "disave" |
Abi Harestya dan Bidadarinya |
Abu Aufa |
Abu Bakar "Bchree" |
Abu Ghalib |
Achmad Edi Goenawan |
Achoey El Harris |
Ade Kurniawati |
Adi Surya Pamungkas "bacelzone" |
Fan Adie Keputran |
Adya Ari Respati "abstractdoodle" |
Afra Afifah |
Ageng Indra |
Agry Pramita |
Agung Budidoyo |
Agung Firmansyah |
Agung Hasyim |
Agung Rangga "Popnote" |
Agung Yansusan Sudarwin |
Agustantyono |
Agyl Ardi Rahmadi |
Ahmad Musyrifin |
Akhmad Fauzi |
Alfi Syukrina |
Alid Abdul |
An Fatwa "Siho" |
Andi Nugraha |
Andi Sakab |
Andhika |
Andreas A. Marwadi |
Andrew Paladie |
Andrik Prastiyono |
Andyan |
Angga "SERBA BEBAS" |
Angga Dwinovantyo |
Anies Anggara |
Anindita |
Anistri |
Anita Rosalina |
Anto "Kaget" |
Anyes Fransisca |
Are 3DRumah |
Ari Artanto "Cah Gaul" |
Ari Muhardian "Tunsa" |
Ariana Yunita |
Arief Hartawan |
Arif "Bangkoor" Kurnia |
Arif Nurrahman |
Arif Sudharno Putro |
Ariyanti "Sauskecap" |
Arnolegsa Maupasha |
Arundati R.A. |
Aruni Yasmin Azizah |
Aryes Novianto |
Asep Saiba |
Asrul Sani |
Atha "kepompong" |
Aul Howler |
Awalul Hanafiyah "Masyhury" |
Baha Andes |
Baiq Fevy Wahyulana |
Bernadine Hendrietta |
Betania G. Rusmayasari |
Big Zaman |
Budi Nurhikmat |
Budi Prastyo "Kimbut" |
Calvin Sidjaja "Republik Babi" |
Cempaka Ariyanti |
Chocky Sihombing |
Citra "ceetrul" Hapsari |
Dadi Huang |
Danar Astuti Dewirini |
Daniel Hendrianto |
Daniel Maulana |
Deady Rizky |
Dede A. Hidayat |
Deny Marisa |
Depriyansyah Ramadhan "Iamcahbagus" |
Desita Hanafiah |
Destiana |
Desy Arista Y. |
Dewi Puspitasari |
Dewisri Sudjia "Desudija-DSK" |
Dhanika Budhi |
Dhewi Buana |
Dhimas Nugraha |
Didot Halim |
Dina Aprilia |
Dismas |
Ditya Pandu |
Doni Ibrahim |
Edda Nainay |
Efinda Putri |
Eko Ghesi Bardiyanto |
Elfa Silfiana |
Ella "Brokoli Keju" |
Erick Azof |
Erika Paraminda |
Erlin Fitriyanti |
Evan Ramdan |
Evet Hestara |
Fadhilatul Muharram |
Fahmi Nuriman |
Faisal Afif Alhamdi |
Faiza "MIDWIFE'S NOTES" |
Fandy Sutanto |
Fanny Azzuhra |
Fatra Duwipa |
Febe Fernita |
Felicia |
Ferry Irawan Kartasasmita "makhluk lemah" |
Fier "Pelancong Nekad" |
Fikri "Blue Zone" |
Fira "Fiya" |
Fitri Melinda |
Fitriyani |
Galih Gumilang "Gege House" |
Galuh Ristyanto |
Ghani Arasyid |
Gilang F. Pratama "Babiblog" |
Gitta Valencia |
Gugun "idebagusku.com" |
Gusti Ramli |
Hanif Ilham |
Hanny Aryunda Herman |
Hendrawan Rosyihan |
Hera Prahanisa |
Herni Bunga |
Herry "negeribocah" |
I Gede Adhitya Wisnu Wardhana |
Husfani A. Putri |
Ibnu Fajar "Ikky" |
Ilham JR |
Inge "Cyberdreamer" |
Intan Permata Kunci Marga |
Iqmal |
Irfan Andi|
Isdiyanto |
Ivan Prakasa |
Januar Nur Hidayanto "Yayanbanget" |
Jasmine Aulia |
Joko Santoso |
Joko Setiawan |
Juhayat Priatna |
Julianus Ginting |
Kang Ian . info |
Kang Ian . com |
Karina Utami Dewi |
Khalid Abdullah |
Khalifatun Nisa |
Kuchiki Rukia |
Lailaturrahmi Sienvisgirl Amitokugawa |
Lambertus Wahyu Hermawan |
Lerryant K. |
Lina Sophy |
Lucky DC |
Maghfiraa Alva |
Marchei |
Mario Sumampow |
Mas Ardi |
Mas Bair |
Mas Yudasta |
Mikhael Tobing |
Mirwanda |
Miswar Rasyid |
Mochammad AHAO |
Mohamad Husin |
Muhammad Abdul Azis |
Muhammad Hamka Ibrahim |
Muhammad Ihfazhillah |
Muhammad Riyan |
Muhammad Saiful Alam |
Muhammad Zakariah |
Nadia Fadhilah Riza |
Nanang Rusmana |
Nandini R.A. |
Necky Effendi |
Ninda Rahadi |
Nindy Ika Pratiwi |
Novina Erwiningsih |
Nur Azizah |
Nuri |
Perwira Aria Saputra |
Pipin Pramudia |
Pratita Kusuma |
Puji Lestari |
Pungky "PHIA" Widhiasari |
Putri Chairina |
Qori Qonita |
Radinal Maruddani |
Rahad Adjarsusilo |
Rahmat Hidayat |
Randi Rahmat |
Rasyida |
Regina |
Reisha Humaira |
Rie "Cerita Rie" |
Richie Lanover |
Rif'atul Mahmudah |
Rina Sari |
Rini Andriani "Athamiri" |
Riza Saputra |
Rizki "Hitam Putih Jingga" |
Rizki Akbar Maulana |
Ronie "Ravaelz" |
Rowman |
Rudi Wahyudi |
Ruri Octaviani |
Saipuddin Ar |
Septirani Chairunnisa Kamal |
Shafiqah Adia Treest |
Silvi Mustikawati |
Surya "Javanes" Pradhana |
Tasya Myanti |
Thyar |
Tiffany Victoria "Tiffa" |
T I W I |
Tony Koes "Macsize" |
Triana Frida Astary |
Triyani Fajriutami |
Uka Fahrurosid |
Ummu El Nurien</a. |
Upik "Pemburu Konstruksi Makna" |
Wahyu Asyari Muntaha |
Wahyu Nurudin |
Wahyu Putra Perdana |
Wendy Achmmad |
Widyan Fakhrul Arifin |
Wien Wisma |
Wildan Lazuardi |
Wiwin Siswanty |
Wiwing Fathonah Pratiwi |
Yori Yuliandra |
Yuli Anggeraini |
Zuli Taufik |
Love Tree

Subscribe in Bloglines

Powered by FeedBurner

Indonesian Muslim Blogger

I’m a Liverpudlian!



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 837 other followers

%d bloggers like this: